Sabtu, 17 Agustus 2019

Kenapa bendera Indonesia Merah Putih nggak merah kuning. ?



Selamat ulang tahun ke-74 Republik Indonesia, dalam artikel ini kita akan membahas kenapa bendera kita merah putih, meskipun selalu kita hormatin setiap hari senin sewaktu upacara dengan mata mengantuk.

Masa sih, kita nggak pernah bertanya kenapa bendera Indonesia itu merah putih, dan kenapa nggak merah kuning aja sekalian


Asal muasal warna merah putih itu bisa dikatakan datang dari zaman kerajaan majapahit yaitu dari warna panji yang mereka gunakan kala itu memiliki warna yang sangat mirip dengan bendera Indonesia, meskipun kelihatannya juga sedikit mirip dengan bendera  amerika ya. 


Tapi apapun itu warna merah dan putih ini ternyata sudah digunakan sejak abad ke-13, dan kemudian kerap digunakan oleh beberapa kerjaan lain semenjak itu, kemudian baru pada abad ke-19, pangeran diponegoro menggunakan panji-panji merah putih untuk melawan londo atau penjajah pada perang jawa sebelum bendera merah putih luas digunakan.


jadi Pangeran Diponegoro merupakan salah satu hipster di dalam urusan ini.


Lalu pada abad ke-20 bendera merah putih ramai digunakan oleh para nasionalis dan kaum pemuda sebagai bentuk perlawanan terhadap belanda. Bahkan ada satu teori yang mengatakan bahwa, bendera merah putih ini asal usulnya datang dari bendera belanda yang dirobek birunya, karena warna biru dalam bendera belanda dianggap sebagai symbol dari orang-orang berdarah biru yang artinya para aristocrat belanda.




Sebagai bentuk perlawanan, pejuang kita merobek bagian biru sebagai symbol Indonesia merdeka dari jajahan belanda. Contoh nya yaitu pada insiden di hotel yamato pada 18 november 1945 yang kemudian menjadi cikal bakal pertempuran besar di Surabaya.


Pastinya kita semua sudah diajari dan tau arti dari warna merah putih yaitu, merah-berani, dan putih-suci.


Tapi ternyata warna merah dan putih ini disebut juga berasal dari warna merah gula jawa, yang dari namanya sih merah tapi sebenarnya warna aslinya kecoklatan dan putih nasi, yang dimana kedua bahan ini adalah bahan utama dalam masakan Indonesia terutama di pulau jawa.




Jadi sekali lagi Selamat Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-74 ayo sama-sama kita merayakannya dengan semakin cinta dengan Negara kita yang indah ini, apalagi dengan sejarah nya dan makannya yang mengagumkan.

dan yang terakhir jangan lupa untuk berpartisipasi dalam lomba makan kerupuk pada saat tujuh belasan nanti, sekian.

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah dengan bijak :D

Contact Us

Phone :

+20 010 2517 8918

Address :

3rd Avenue, Upper East Side,
San Francisco

Email :

email_support@youradress.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Unggulan

Ternyata ini dampak pacaran bagi siswa