Minggu, 15 September 2019

kenapa perjalanan pulang terasa lebih cepat daripada perjalanan pergi


Apakah anda sering merasa bahwa, perjalan pulang terasa lebih cepat dibandingan perjalanan pergi. Padahal jarak yang ditempuh saat pulang dan pergi itu sama.

Nyatanya hal itu cukup wajar kerena para peneliti sudah lama mengamati fenomena ini, dan mereka menyebutnya sebagai “return trip effect”

Walau terasa cepat, perjalanan pulang faktanya tidak benar-benar lebih cepat dari pada perjalanan pergi, faktanya itu semua hanya ada di dalam otak kita.

Saat dalam perjalanan pergi otak kita cenderung lebih focus untuk mencerna rute dan objek yang kita temui sepanjang jalan, dan ketika otak kita sedang fokus persepsi otak kita terhadap waktu juga akan terasa lebih lama. Hal ini juga sering dijumpai oleh para murid SMA yang otak nya mencoba fokus pada pelajaran matematika di ruang kelas yang merasa kenapa waktu seperti terhenti dan tak jalan-jalan.

Sedang kan saat pulang, jika kita melewati jalan yang sama otak kita sudah lebih familiar, dan tak perlu lagi bekerja keras untuk fokus sehingga persepsi otak kita terhadap waktu juga akan terasa lebih cepat.

Oleh karena itu, sebuah penelitian di selandia baru menemukan bahwa fenomena ini lebih sering terjadi ketika kita bepergian ke tempat baru yang belum dikenal karena otak kita mencoba lebih fokus.

Sedangkan di tempat yang sudah kita kenal atau kita lalui setiap hari, fenomena ini jarang terjadi.

Sedangkan ada pendapat lain yang mengatakan, bahwa fenomena ini terjadi karena saat pergi kita memiliki ekspektasi waktu untuk tiba, sedangkan nyatanya saat perjalanan pergi kita menemui banyak hal yang membuat kita khawatir sehingga kita terus mengecek target waktu kita  dan membuat efek psikologis bahwa perjalanan jadi terasa lebih panjang.

Sedangkan saat di perjalanan pulang, perjalanan terasa lebih pendek karena kita sering tidak terbebani lagi ekspektasi waktu kita untuk tiba.

Jadi semoga artikel ini tidak hanya membantu anda memahami waktu perjalanan, tapi juga membantu mengingatkan anda untuk selalu menikmati perjalanan anda setiap harinya. 

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit, sed diam nonummy nibh euismod tincidunt ut laoreet dolore magna Veniam, quis nostrud exerci tation ullamcorper suscipit lobortis nisl ut aliquip ex ea commodo consequat.

0 komentar:

Posting Komentar

berkomentarlah dengan bijak :D

Contact Us

Phone :

+20 010 2517 8918

Address :

3rd Avenue, Upper East Side,
San Francisco

Email :

email_support@youradress.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Unggulan

Ternyata ini dampak pacaran bagi siswa